Istilah-istilah Dalam Dunia Otomotif #1


Di dalam dunia otomotif ada banyak singkatan-singkatan yang dipergunakan. Baik itu yang berupa peraturan, teknologi ataupun petunjuk dalam setiap penggunaannya. Dan kali ini otopret akan bebagi pengalaman tentang hal ini,


1. VANOS
( Variable Nokkenwelle Steeurung)

2. FVT
( Four Valve Technolgy) yaitu mekanisme 4 katup dalam 1 silinder. Bahasa enaknya setiap silinder mempunyai  4 katup, jadi kalau mobil kamu punya 4 silinder berarti jumlah katupnya ada 16. (4x4=16)

3. API
(American Petrolum Oil) yaitu sebuah standar pelumas di Negara Amerika.

4. SAE
(Society Of Automotive Enggineers) yaitu standar untuk kekentalan Oli. Semakin besar SEA nya maka semakin kental oli/pelumas tersebut.

5. DOT
(Departement Of Transportasi) yaitu sebuah standar keselamatan untuk beberapa item/part pada sebuah kendaraan. Contohnya Helm, Minyak rem, Kaca dll. Kalau kita beli barang sudah ada logo DOT yang tertempel pada part tersebut, berarti part tersebut sudah sesuai standart DOT, dan dijamin aman.

6. 4WS
(Four Whell Steering) yaitu sistem Kemudi yang ke empat rodanya bisa berbelok. Contohnya pada mobil Truck yang ban nya banyak, juga ada yang jenis SUV yang digunakan oleh Jackhin Jan pada film balapnya yaitu Mitsubishi Evo-

7. Angka Octan
Angka yang menunjukan kemampuan bertahan bahan bakar bensin terhadap kenocking.

8. Angka Cetane
Angka yang menunjukan kemampuan bertahan bahan bakar solar terhadap knocking.

9. Knocking
Waktu pembakaran tertunda yang panjang, akibat tekanan kompresi yang tinggi ataupun adanya jala yang tersisa yang mengakibatkan putaran mesin kasar.

10. PK
(Parden Kraft) yaitu satuan tenaga kuda dalam bahasa Belanda.

11. PS
(Pferde Starke) yaitu satuan tenaga kuda dalam bahasa Jerman.

12. HP
(Horse Power) yaitu satuan tenaga kuda dalam bahasa Inggris.

1 Response to "Istilah-istilah Dalam Dunia Otomotif #1"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel