Mengenal Teknologi Multiplex Comunication System (MCS) Pada Kendaraan


Seiring dengan perkembangan teknologi elektronik pada kendaraan roda empat, terutama trobosan dalam bidang Electronic Control Unit (ECU) , sensor-sensor yang berkembang secara pesat dan juga beragam macam akesoris kelistrikan yang tertanam pada kendaraan.

Banyaknya teknologi serta kemudahan yang ada pada kendaraan tentunya membuat kendaraan tersebut terlihat begitu mewah dan memudahkan segala aktifitas para pengemudinya. Dengan bertambahnya beragam macam teknologi yang terpasang, menimbulkan permasalahan baru pada teknologi electronic  pada kendaraan tersebut, yaitu bertambahnya berat kendaraan. Hal ini disebabkan karena bertambahnya komponen elektronik, berambahnya panjang kabel dan lain sebagainya. Rata-rata berat yang dihasilkan oleh wire harnes mencapai 50 kg pada satu kendaraan, sedangkan panjang total wire harnes bisa mencapai panjang total 2 Km.

Untuk mengatasi hal ini, pabrikan telah mengembangkan teknologi terbaru yang dapat mengurangi berat kendaraan yang dihasilkan dari banyaknya komponen elekctronic dan kabel-kabel dengan teknologi Multiplex Comunication System (MCS).

Multiplex Comunication System (MCS) adalah suatu komunikasi yang mengirim  atau menerima dua data atau lebih menggunakan satu jalur komunikasi.

Pada gambar dibawah ini, menerangkan cara kerja sistem kelistrikan yang masih konvensional. ketika semua orang berbicara, maka tidak ada yang mendengar.


Cara kerja tekonogi electronic yang masih konvensional

Sedangkan pada gambar kedua ini, menerangkan bagaimana cara kerja Multiplex Comunication System. Jika semua orang bicara sesuai dengan aturan ada  orang yang mendengar dan setiap orang berbicara sesuai giliran.

Cara kerja teknologi electronic menggunakan MCS
Adapun keuntungan teknologi MCS pada kendaraan yaitu mengurangi jumlah dan banyaknya wireharnes. Selain itu dengan berbagai komunikasi, mengurangi jumlah komponen, seperti swicth, sensor dan actuator.

Dengan teknolgi MCS yang tertanam pada sebuah kendaraan, maka satu kabel bisa digunakan untuk komunikasi beberapa komponen kelistrikan berdasarkan frequensinya masing-masing.

0 Response to "Mengenal Teknologi Multiplex Comunication System (MCS) Pada Kendaraan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel