google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » MENGHITUNG LAMDA PADA AIR FUEL RATIO

MENGHITUNG LAMDA PADA AIR FUEL RATIO

LAMDA (λ)
Air Fuel Ratio ( Perbandingan Udara dan Bahan bakar)
exhaust analizer
Lamda (λ) ialah suatu perbandingan antara air fuel ratio yang sedang terjadi dibandingkan dengan air fuel ratio standart(10:1).
λ= A/F Actual Mesin =1(Hasil) @ Actual/ kenyataan/ sedang terjadi
A/F Standart (10:1) @ Suhu kamar / 20oC
@ Air Fuel Ratio (perbandingan udara dan bahan bakar)
 
Secara teori Air Fuel ratio standart ialah 10:1,contoh :
1. λ= 10:1 (actual) = 1(Hasil)
10:1(standart)
Mengapa kita tahu A/f yang terjadi pada engine adalah 10:1 , karena dengan hasil lamdanya ialah 1.
 
2. λ= 5:1(actual) = 0,5 (hasil)
10:1(Standart)
Dari hasil contoh no 2 ,dapat kita simpulkan bahwa terjadi campuran gemuk secara actual juga kita dapat simpulkan bahwa HC(Hidro Carbon)semakin bertambah dari standart.
 
3. λ= 15:1(Actual) = 1,5 (Hasil)
10:1(Standart)
Dari hasil contoh no 3 ,dapat kita simpulkan bahwa terjadi campuran kurus secara actual juga kita dapat simpulkan bahwa terjadi penurunan HC(Hidro Carbon ) dari ukuran standart .
 
EMISION CONTROL
A. CO(Carbon Monoksida) : CO dihasilkan karena terjadi pembakaran yang tidak sempurna yang diakibatkan kekurangan O₂(oksigen),ukuran standart(0,5-1,5%).Hasil CO yang berlebihan akan menimbulkan racun dan mengakibatkan bahaya yang besar bagi mahkluk hidup di bumi .
B. HC(Hidro Carbon) :HC dahasilkan dari uap bahan bakar yang mana terjadi didalam pembakaran karena tidak terjadi pembakaran bahan yang sempuran sehingga menghasilkan bahan bakar mentah ,ukuran maksimal(300ppm/part per milion).HC yang berlebihan juga akan menimbulkan racun yang berbaya bagi kehidupan kita .
C. CO₂(Carbon Dioksida ) :CO₂ dihasilkan dari pembakaran yang sempurna yang mana gas ini tidak menimbulkan racun dan tidak berbaya bagi kehidupan kita .
D. O₂(Oksigen ) :Dalam pengukuran Emision Control ,O₂ bukanlah suatu gas yang dihasilkan dari hasil pembakaran ,melainkan O₂ adalah gas yang membantu dalam pembakaran .
E. NoX(Nitrogen Oksigen) :NoX dihasilkan dari campuran Nitrogen dan Oksigen yang terbakar pada suhu 800⁰ C.

























0 comments:

Post a Comment