google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Cara Kerja Motor Diesel 4 Langkah

Cara Kerja Motor Diesel 4 Langkah

Komponen-komponen mesin diesel
Cara kerja motor diesel 4 langkah tidak jauh berbeda dengan cara kerja motor  bensin 4 langkah. Dimana pada motor diesel ini untuk menghasilkan 1 kali langkah kerja memerlukan 2 kali putaran poros engkol atau 4 kali naik turun piston. Adapun langkah-langkahnya yaitu langkah hisap, kompres, usaha dan buang.

Walau secara mekanisme cara kerjanya sama, namun ada beberapa perbedaan yang harus kita kertahui. Dimana pada mesin diesel, bahan bakar yang digunakan yaitu solar. Sedangkah pada langkah masuk, yang dihisap kedalam ruang bakar bukan campuran udara dan bahan bakar, melainkan udara murni.

Selain itu, mesin diesel disebut juga sebagai motor self ignition yaitu motor pembakaran sendiri. Yang mana pada motor ini tidak membutuhkan busi sebagai pemantik pembakaran, namun berasal dari hasil pengkompresian udara yang bertekanan dan panas yang tinggi.

Berikut ini cara kerja motor diesel 4 langkah :

1. Langkah Hisap
langkah hisap
Pada langkah yang ini piston bergerak dari TMA ke TMB. Katup masuk terbuka dan katup buang tertutup. Bedanya dengan motor bensin pada langkah hisap yaitu yang masuk tersedot kedalam ruang bakar bukan campuran udara dan bahan bakar, melainkan udara murni yang langsung masuk dari saringan udara.

2. Langkah Kompres
Langkah kompres mesin diesel
Pada langkah kompres, piston bergerak dari TMB ke TMA dan udara murni yang sudah masuk ke dalam ruang bakar akan dikompresikan (ditekan ). Yang mana pada langkah ini,katup masuk dan katup buang sama-sama tertutup. Sebelum piston mencapai puncak TMA, injektor akan menyemprotkan bahan bakar diesel dengan tekanan tinggi yang sudah berbentuk kabut. Akibatnya, bahan bakar yang disemprotkan tadi akan terbakar dengan sendirinya karena ruangan yang panas dan bertekanan tinggi.

3. Langkah Usaha 
Langkah usaha mesin diesel

Pada langkah usaha, piston bergerak dari TMA ke TMB karena tekanan yang besar akibat pembakaran yang terjadi. Pada langkah ini, pembakaran masih terjadi karena rambatan panas yang belum menyeluruh. Sedangkan posisi katup masuk dan katup buang masih sama-sama tertutup.

4. Langkah Buang
Langkah buang mesin diesel
Pada langkah terakhir ini, piston bergerak dari TMB ke TMA. Sedangkan posisi katup masuk tertutup dan katup buang terbuka. Akibatnya sisa-sisa gas pembakaran akan terbuang keluar melalui saluran buang.

0 comments:

Post a Comment